Digital Video Recorder yang satu ini (Avtech KPD 674 ZA) memang sudah sangat populer di kalangan mengguna dan pemerhati CCTV. Selain harganya yang cukup ekonomis, fitur-fitur yang dihadirkan pun tidak kalah dibandingkan dengan DVR kelas atas lainnya.

Walaupun tidak asing di telinga kita, ternyata DVR tersebut menyimpan rahasia yang belum pernah atau sedikit dari kita yang mengetahuinya. Salah satunya cara hard reset DVR tersebut.

Kebanyakan dari kita me-reset atau kembali ke pengaturan awal (default pabrik) dengan menggunakan menu yang tersedia (password default “0000”). Tapi pernahkah kita temui kasus “lupa password” ? Solusi dari kebanyakan orang yaitu dengan membongkar casing dan melepas baterai CMOS. Akan tetapi hal tersebut sama saja tidak berarti atau sia-sia.

Kami mempunyai solusi jitu mengatasi hal tersebut yaitu dengan Hard Reset, langkah-langkahnya seperti dibawat ini :
  • Lepaskah penutup DVR bagian atas (casing DVR), dan cari chip resistor untuk mengatur ulang perangkat DVR tersebut
  • Chip resistor tersebut biasanya diberi kode TP5/TP6 dan letaknya berada didekat IC CMOS, X-TAL, atau bahkan didekat port USB. Seperti ditunjukkan pada gambar dibawah ini :

                  

  • Lepaskan Power DVR dari aliran listrik (Adaptor DVR), kemudian hubungkan pendek / konsletkan resistor tersebut (TP5 dan TP6) dengan benda konduktor (kabel/kaki komponen.obeng). Sambil ditahan nyalakan DVR dengan menghubungkan lagi Power DVR (adaptor DVR) ke aliran listrik dan nyalakan tombol power DVR.
  • Setelah DVR menyala (proses booting) dan terdengar bunyi beep sekali, lepaskan segera benda konduktor (kabel/kaki komponen/obeng) pada TP 5 dan TP 6.
  • Dan lihat hasilnya



Sumber : lensacctv.blogspot.com